Sabtu, 23 Juli 2016

Empat Windu Universitas Terbuka Membangun Negeri Tercinta

Logo Universitas Terbuka
SEJAK diresmikan pada tanggal 4 September 1984, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984. Universitas Terbuka sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ke-45 terus berinovasi serta berkontribusi dalam pengembangan dan pembangunan dunia pendidikan dengan sistem jarak jauh yang memaksimalkan penggunaaan teknologi. Dan kini, di usianya yang ke-32, Universitas Terbuka terus menebalkan azamnya untuk membangun negeri tercinta, Indonesia. Apa saja sih kira-kira yang sudah diupayakan Universitas Terbuka dalam 4 (empat) windu kehadirannya dalam ranah pendidikan tinggi di negeri ini?

Loga Dies Natalis UT Ke-32


Pengakuan Dunia terhadap UT



Jauh dari rasa ekslusifitas sebagai salah satu PTN, Universitas Terbuka tetap membuka kesempatan bagi siapa saja dan di mana pun tanpa batasan usia, lama studi, ataupun tahun kelulusan pendidikan sebelumnya, untuk dapat mengambil bagian dalam gerakan mencerahkan manusia dan kemanusiaannya melalui proses pendidikan. Selaku lembaga ataupun institusi, Universitas Terbuka sebagaimana tercantum dalam visinya berusaha menghadirkan suatu sistem yang dapat melahirkan lulusan-lulusan terbaik yang berdaya saing tinggi, sehingga tingkat SDM Indonesia semakin kompetitif di mata dunia. Hal itu dilakukan dengan penyediaan akses pendidikan jarak jauh berkualitas internasional menjamin pemerataan.



Visi tersebut kemudian dibuktikan dengan adanya pengakuan skala dunia terhadap Universitas Terbuka dari International Council for Open and Education (ICDE) yang memberikan Quality Certificate pada tahun 2010 sebagai tanda bahwa UT telah menerapkan sistem penyelenggaraan pendidikan terbuka dan jarak-jauh yang berkualitas dunia. Dan berdasarkan rilis terbarunya, Februari 2016, Tim ICDE melakukan review kembali untuk memastikan penyelenggaraan pendidikan terbuka dan jarak jauh. Menurut penilaian ICDE, UT beroperasi sebagai suatu sistem PTTJJ yang berfungsi dengan baik.



Terakreditasi di Dalam Negeri



Tentu saja, jika skala internasional sudah didapat, skala nasional pun tidak luput. Sudah lumrah bahwa salah satu syarat memilih program studi di suatu perguruan tinggi itu harus yang terakreditasi. Hal itu pun tidak diabaikan oleh Universitas Terbuka. Sehingga program studinya terakreditasi oleh BAN-PT. Semakin nyatalah jaminan kualitas dari Universitas Terbuka sebagai pilihan terbaik bagi siapa saja yang menghendaki pendidikan sepanjang hayat.



Universitas Terbuka 
Menyambut Tantangan Era Digital



Perkuliahan berbasis online ataupun daring bagi Universitas Terbuka bukan hal baru. Karena sejak mulanya, Universitas Terbuka tidak bisa dilepaskan dari yang namanya teknologi. Sebagaimana dikatakan oleh Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D., selaku Rektor Universitas Terbuka yang selalu meyakinkan siapa saja bahwa UT merupakan pintu menuju sukses, mengatakan dalam buku Univeritas Terbuka di Era Reformasi (2015), bahwa "Generasi model pendidikan jarak jauh dikaitkan dengan jenis teknologi yang dimanfaatkannya." Mulai dari penggunaan teknologi cetak dan korepondensi sebagai basis awal pada masanya, kini Universitas Terbuka semakin fleksibel dan menyesuaikan diri dengan teknologi informasi dan komunikasi terkini. Salah satu buktinya, kini Universitas Terbuka memberikan kemudahan kepada mahasiswanya dalam menggunakan bahan ajar yang bisa diunduh via playstore ponsel pinter sebagaimana dirilis  Republika, "Bahan Kuliah di UT Bisa Diunduh via Playstore."



Pembelian Bahan Ajar Digital
(pilih sesuai sistem yang anda gunakan)
Toko buku Digital UT Android Toko Buku Digital UT windows


Dengan demikian, Universitas Terbuka secara langsung menuntut seluruh sivitas akademikanya untuk sadar teknologi dan tidak antiteknologi, terkhusus untuk tujuan-tujuan pengembangan dan pembangunan yang berkontribusi bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia sebagai pilar meningkatkan daya saing bangsa di kanca dunia. Di Universitas Terbuka, mahasiswa dengan dosen ataupun staf betul-betul terhubung secara real time melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Bahkan kini, di Universitas Terbuka, mulai dari registrasi, bahan ajar, perkuliahan, sampai ujian ada sistem online-nya. Ini tentu sangat memudahkan siapa saja di mana pun mereka berada untuk turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang kita sadari bersama merupakan suatu wahana yang bisa membuat kita percaya bahwa kita sebagai manusia mampu untuk tumbuh dan berkembang ke arah yang lebih baik lagi!



Bagaimana dengan Biaya?

Selain kemudahan akses yakni hadirnya Universitas Terbuka di daerah-daerah bahkan ada cabang di beberapa negara sahabat, Universitas Terbuka sangat terjangkau dari segi biaya kuliah. Model pembayarannya pun bisa disesuaikan oleh kita, ada sistem per sks ada pula sistem per paket. Sekalipun terjangkau dari segi biaya perkuliahan, tetapi Universitas Terbuka tidak murahan. Kualitas yang terbaik selalu diberikan kepada mahasiswa Univesitas Terbuka sejak mereka mendaftar hingga lulusnya.

Pengabdian Univeritas Terbuka

Sebagaimana layaknya perguruan tinggi lainnya, Universitas Terbuka menghadirkan tenaga pendidik terbaik yang dapat menghasilkan karya berupaya bahan ajar yang komprehensif bagi mahasiswa, pun melakukan banyak penelitian melalui LPPM UT. Hal itu sebagai wujud menciptakan daya saing dan terjaganya kualitas pendidikan di Universitas Terbuka.

Informasi Lebih Lanjut

Pengembangan berkelanjutan terus dilakukan oleh Universitas Terbuka, mulai dari pelayanan kemahasiswaan, kurikulum perkuliahan, program-program studi, dan sarana serta prasarana penopang dan penunjang sistem pendidikan jarak jauh dan terbuka. Universitas Terbuka pun berupaya semakin dekat dengan masyarakat melalui pemanfaatan sosial media agar interaksi tetap terjaga. Sedikit informasi, Universitas Terbuka memiliki 4 (empat) fakultas yakni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Program Pascasarjana, Program Sertifikat, dan kelas bahasa untuk penutur asing: BIPA.

Di tahun 2016 ini, Universitas Terbuka meliris 3 (tiga) program studi baru, yaitu Program S1 Full Online (yang terdiri dari S1 Manajemen, Matematika, Sastra Inggris Bidang Minat Penerjemahan, dan Pendidikan Matematika yang mulai ditawarkan pasa masa registrasi 2017.1 atau awal tahun baru 2017), Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris, dan Program Mata Kuliah Mandiri.

MAU KULIAH SAMBIL TETAP BEKERJA ATAU BERWIRAUSAHA?! Ataupun Ingin Mengembangkan Karier dengan meningkatkan kompetensi?!
UNIVERSITAS TERBUKA Solusinya!
Di mana pun kita berada, Universitas Terbuka siap melayani!

INGIN TAHU LEBIH TENTANG UT?
Yuk Kepoin Sosial Medianya dan kunjungi situs resminya!

Twitter @UnivTerbuka
Instagram @univterbuka
Youtube Universitas Terbuka 
Website



[]

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari Universitas Terbuka dalam rangka memperingati HUT Universitas Terbuka ke-32. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

7 komentar:

  1. wah semoga dengan adanya UT ini bisa menjadi solusi bagi pelajar yang ingin melanjutkan kuliah tetapi kurang biaya, UT bisa menjadi solusi tepatnya :) murah tapi tidak murahan :)

    BalasHapus
  2. IT memang sangat selalu murah ya mas, siapapun bisa kuliah disitu gak ada batasan usia

    BalasHapus
  3. Sahabatku juuga kuliah di UT kang :D

    Salam,
    Gianta

    BalasHapus

suatu kata merindukan kata lainnya

L'homme est libre au moment qu'il veut l'être ― Voltaire