Kamis, 23 Juni 2016

Umm Kulthum: Bintang dari Timur dan Beberapa Videonya

Umm Kulthum sekitar tahun 1945*

Siapa yang tidak kenal Umm Kulthum? Musisi perempuan dari jazirah Arab, tepatnya Mesir, yang terbesar dan barangkali yang pernah hidup di dunia ini. Menariknya, Umm Kulthum ini lahir dari keluarga miskin sekitar tahun 1904 di sekitaran Delta Nil. Sejak kapan Umm Kulthum menyanyi?


Sejak kecil, Umm Kulthum diajak oleh ayahnya untuk bernyanyi di acara pernikahan dan beberapa acara keagamaan. Uniknya, pada beberapa kesempatan dirinya harus menyamarkan wajahnya menjadi seperti anak laki-laki, mengingat pada waktu itu perempuan tidak diizinkan bernyanyi ataupun membaca ayat quran di ruang publik. Perjuangan sekali, ya?

Pada usia 6 atau 7 tahun, Umm Kulthum mulai bernyanyi di rumah pemimpin-pemimpin lokal yang kaya. Sejak saat itu, orang-orang mulai kagum terhadap suaranya yang luar biasa. Panggilan bernyanyi pun berdatangan sampai-sampai pendapatannya pada masa yang masih muda itu melebihi pendapatan ayahnya sendiri. Betapa, sebagai anak perempuan dirinya berupaya untuk mandiri.

Sekitar tahun 1920-an, barulah Umm Kulthum mencoba hijrah ke kota yang lebih besar. Entah mengapa jadi inget kisah Inul Daratista, hanya saja, tentu terlalu jauh kalau dibandingkan dengan Umm Kulthum, hanya saja nyata bahwa umumnya penyanyi yang tenar dikemudiannya memulai karirnya dari bawah dan selalu diiringi dengan banyak perjuangan. Lantas, dengan siapa Umm Kulthum pindah?

Inilah menariknya, ternyata keluarga sangat mendukung dan semuanya ikut pergi ke Kairo, sebagai Ibukota Mesir. Di sana dirinya tidak hanya bekerja dengan bernyanyi, tetapi dirinya mengejar dan belajar tentang musik, sayangnya, lagi-lagi karena dirinya perempuan pada masanya tidak dianggap di klub-klub musik resmi di sana. Akhirnya Umm Kulthum pun memilih guru privat swasta.

Kemudian, lambat laun karirnya mulai melonjak naik, sampai-sampai dunia internasional pun dibuat gempar oleh adanya bintang dari timur tersebut. Selain karena suaranya yang luar biasa sampai-sampai kalau mikropon terlalu dekat, yang ada akan pecah karena kekuatan suaranya. Sehingga, kadangkala ruangan tempatnya pentas tidak memerlukan pengeras suara bagi suaranya, sebab pasti terdengar. Keren, bukan? Lagu-lagu Umm Kulthum pun terbilang sangat romantis, lirik-liriknya sangat dalam.

Karena itu aku suka mendengarkan Umm Kulthum. Apakah rekan sekalian ingin mendengarkannya pula? Berikut ini beberapa video nyanyiannya yang aku dapati dari youtube.com, selamat menikmati ya! Adapun untuk yang ingin lebih tahu biografi Umm Kulthum lebih lengkap dan terperinci bisa membaca buku Danielson, V. (1997) The Voice of Egypt: Umm Kulthum Arabic Song, and Egyptian Society in the Twentieth Century. Chicago: Chicago University Press.



.


.


.


.


.


.


dan yang lainnya, bisa dicari lagi di youtube ya.

* sumber gambar dari  albustanseeds.org

2 komentar:

  1. wah keren pasti anda suka sekali sejarah-sejarah orang arab..
    Saya taunya cuman Ummi Kalsum hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak juga hehehe
      Ummi Kulsum itu iya Umm Kulthum :)

      Hapus

suatu kata merindukan kata lainnya

L'homme est libre au moment qu'il veut l'être ― Voltaire