Kamis, 09 Juni 2016

Aku dan Hobi Jeprat-Jepret dengan Kamera Ponsel: Why or Why Not?

"To collect photographs is to collect the world." —Susan Sontag On Photography 

Selfie sini, selfie sana. Wefie sini, wefie sana, jeprat sono, jepret sini. Siapa yang tidak suka selfie ataupun wefie di masa kini? Rasanya semuanya pasti, sadar ataupun nggak, jelas pernah masuk ke dalam citra selfie maupun wefie. Belum lagi kalau soal memotret, semua nyata pernah melakukannya. Dan harus kuakui, aku pribadi pun tidak luput dari hal itu. Bahkan menurutku, hal itu keren. Mengapa? 


Seiring dengan perkembangan teknologi gawai sebagai alat komunikasi yang semakin canggih dan dilengkapi dengan yang namanya kamera. Hal itu semakin memudahkan kita semua, sebab tidak harus repot ke mana-mana bawa kamera profesional yang harganya nggak murah alias mahal (apalagi untuk kantong macam aku ini.. hihihi.). Masih sangat untung dan bersyukur karena sekarang ini, ponsel sudah dilengkapi dengan kamera! Lagi pula, bagi aku yang memang bukan tukang foto profesional, rasanya adanya kamera ponsel sudah sangat mujur bagiku. 

Lain dulu, lain sekarang memang... 

Siapa saja, kini bisa yang namanya taking pictures! Foto ini foto itu. Sekalipun tidak mengerti dasar fotografi, dengan seiring masa yang berjalan, dan didukung oleh kamera ponsel yang semakin canggih, hasil memotret pun bisa memesona siapa saja, termasuk diri sendiri, dan tidak dipungkiri hal itu menimbulkan rasa bahagia tersendiri. Apa iya ada hubungan antara memotret dengan rasa bahagia? Ini sih benarnya lebih kepada hasil dari memfoto itu sendiri, yang dapat memberikan rasa bahagia tersendiri bagi kita yang melihatnya. Iya, ibarat indra mata kita, kalau lihat yang hijau-hijau rasanya bahagia, bukan? Nah, karena gak setiap saat ada di zona hijau, betapa pentingnya mengambil gambar itu untuk pelipur di zona lain. 

Lagi pula, menurut Gretchen Rubin (2013), ada cukup banyak manfaat (mem)foto. Diantaranya, yang menurutku menarik, foto mengingatkan kita kepada mereka ataupun tempat maupun aktivitas yang kita cintai. Dan memotret dapat menumbuhkan kreativitas! Jadi, nggak ada alasan lagi buat ngeles, kalau kamera ponsel itu besar manfaatnya, dan seharusnya memang jangan sampai kita anggurin begitu aje tuh kamera ponsel. Sebab banyak hal positif yang dapat kita peroleh dengan kamera ponsel.

Bikin Ginian Pakai Kamera Ponsel? ASUS Zenfone Bisa!


Kalau itu merupakan pertanyaan yang diajukan kepadaku, maka jawabannya jelas: WHY NOT! Mengapa tidak! Jeprat-jepret tidak harus dengan tustel ataupun alat motret semisal kamera digital dan kamera profesional lainnya. Aku sendiri, hobi jeprat-jepret belakangan ini, aku lakukan dengan kamera ponsel ASUS Zenfone. 

Apa sih asyiknya jeprat-jepret pake kamera ponsel? Pertama sih, karena kamera ponsel ASUS Zenfone cukup memadai untuk digunakan ajang jeprat-jepret. Kedua, karena aku suka yang namanya memotret, baik itu potret diri, terlebih citra lainnya yang menurutku mengandung makna tersendiri. Rasanya sayang aja gitu kalau ngelewatin begitu aje momen yang ditanggap oleh mata tetapi lupa diabadikan lewat kamera! Untung, ada kamera ponsel ASUS Zenfone! 

Bagaimana dengan hasilnya, buat apa?! 

Aku pribadi sih biasanya, kalau mengambil suatu citra tertentu dengan kamera ponsel ASUS Zenfone itu untuk keperluan di blog, dan tentu, sebagai alat pemantikku berimajinasi serta menulis. Makanya, aku tidak pernah yang namanya share hasil jepretan begitu saja ke sosial media, selalu aku sertai kata-kata, sebab sebuah foto mengandung banyak makna, sayang kalau aku tidak turut serta berbagi pandangan, bukan? Soal tanggapan orang lain sih itu lain perkara, namanya orang mengapresiasi masa kita larang-larang? 

Selain itu, biasanya aku gunakan hasil foto itu untuk wallpaper di gawai yang kumiliki. Lumayan bikin segar pandangan dan tidak harus download, jadi hemat kuota pula, kan? Dan menggembirakannya kamera ponsel, aku jadi bisa memotret foto cetak yang sudah ada! Seperti ini misalnya: 

Foto Pernikahan Adikku dalam Foto. Dok. Pribadi


Asyik banget kan? Hehehe... seperti yang aku bilang tadi, aku pun gunakan hasil jeprat-jepret buat wallpaper di ASUS Zenfone-ku. Misalnya seperti ini: 

Hasil Jeprat-Jepret Bisa Jadi Wallpaper pada Ponsel. Dok. Pribadi


Nggak hanya itu sih tempo hari misalnya saat aku ada pertemuan di Pasar Minggu dengan kawan-kawan Komunitas Taman, aku sampai duluan di stasiun, biar nggak bosen nunggu yang lainnya, aku keluar dan menuju jembatan penyeberangan yang ada di sekitaran situ, dan untungnya aku bawa kamera ponsel ASUS Zenfone, aku pun bisa mengabadikan fenomena lalu lintas yang menurutku sangat "ajaib" di tengah kemajuan zaman ini. Ini hasilnya: 

Antrean Kendaraan di Pasar Minggu. Dok Pribadi


Tidak cukup di situ, atau saat aku jalan pulang melewati tembok sebuah rumah, aku menemukan hal menarik dan cukup menarik minatku, ya aku foto saja, dan hasilnya pun tidak mengecewakan. Pun di jalanan saat aku menemukan setangkai bunga, aku pun bisa langsung mengabadikannya melalui kamera ponsel. Dan sesudahnya bisa aku share ke instagram atau untuk bahan pendukung ngeblog. Pokoknya menyenangkan banget kalau ponsel ada kameranya. Apalagi kini aku dengar-dengar ASUS Zenfone mengeluarkan varian yang lebih memaksimalkan fungsi kameranya. yakni ASUS Zenfone 2 Laser! Pasti makin ketagihan jeprat-jepret deh

Nah, sudahkah kawan sekalian berbahagia hari ini dengan jeprat-jepret? Jangan ragu, sejauh tidak merugikan orang lain, dan dalam rangka positif, mengapa tidak? Jadikan setiap momen gembira ria maupun mengharu biru tidak terlewatkan begitu saja. 

Dan tentu, kamera ponsel ASUS Zenfone membuat momen dengan keluarga semakin berharga. Misalnya beberapa hari yang lalu aku kedatangan adikku yang memang sudah ikut suaminya, karena ada kamera ponsel aku pun bisa selfie bersama. Itung-itung lepas kangen. 

Kamera Ponsel Mengabadikan Momen Keluarga. Aku, Adikku, dan Ibuku. Dok. Pribadi


 9(^>^)9 

Adapun ini, hanyalah sebentuk keisenganku, tetapi tetap saja, ada pesan tersendiri di balik setiap foto yang kita hasilnya, termasuk kerupuk dengan kecap pedas ini 

Kerupuk dengan Kecap Pedas dalam Genggaman. Dok. Pribadi


Giveaway Aku dan Kamera Ponsel by uniekkaswarganti.com 

Semua foto milik pribadi dan diambil melalui kamera ponsel ASUS Zenfone 5

43 komentar:

  1. haha memang sangat mengasyikan mas jeprat jepret itu walaupun hasil nya tidak seberapa namun hasil nya mempunyai nilai guna dan mampu memberikan kesan tersendiri terhadap kita. Btw tu kesannya apa tuh perihal foto kerupuk pakai kecap pedas ? saya kira itu kesannya tanggal tua deh :D hhaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, makin sering makin mahir. Nggak ada hasil foto yang jelak, mungkin posisi memotret kita yang kurang tepat hehehe... Iya, semua punya kesan tersendiri... Tapi jujur, saya tidak PD kalau dipotret oleh orang lain, jadinya seringnya selfie sendiri wkwkwk atau memotret yang lainnya saja...

      Well, soal kerupuk dengan kecap pedas itu...

      Tahu aja deh wkwkwk... tapi sumpah deh itu nikmat banget apalagi kerupuknya masih renyaaaah...

      Hapus
  2. Semisal nggak bisa hidup kalau nggak ada gawai yang berkamera, ya? hahaha

    BalasHapus
  3. Pengen juga jepret-jepret, tapi apalah daya kamera smartphone nggak mendukung :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ikutan kontesnya, siapa tahu nyangkut :)
      Iya... semoga ke depan ada ya buat jeprat-jepret ^_^

      Hapus
  4. Mamanya cantik ^^ aku pun hobi jepret pake smartphone. Zenfone ini bening ya hasilnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ^^
      Iya cukup bening, tapi Zenfone 2 lebih bening lagi hehehe

      Hapus
  5. Wih, bagus juga tuh hasilnya. Yang macer itu :D

    BalasHapus
  6. Hampir semua foto yg ada di blogku itu hasil jepretan handphone bututku ini hehehe :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ajib :)
      Alhamdulillah ya kamera ponselmu jadi mendukung buat ngeblog :)

      Hapus
  7. Saya dulu kalau dioto dan selfie agak gimana gitu, sekarang malah sering selfie sendiri. Gara-gara ngeblog. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Mbak hehehe
      Dulu juga nggak pede, apalagi kalau difotoin orang duh malu banget, eh sekarang kalau dgn kamera ponsel sendiri jadi lebih PD :D
      Dan emang berguna bagi buat support ngeblog

      Hapus
  8. Cakep nih mas kamera HPnya. Hasil fotonya bening-bening yaaaa. Setuju, apapun peralatannya, yang paling penting ya "The man behind"nya mas. Hehehee. Sukses giveawaynya ya Mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Dian
      Hehehe sukses juga buat kamu ya :)

      Hapus
  9. Ahhh aku mau krupuk dengan kecap pedesnya ajaa deh

    BalasHapus
  10. Memang asik dan mengasikan mas jepret jepret itu. Walau tidak seorang potogarfer professional.

    BalasHapus
  11. Waah foto pakai kamera ponsel hasilnya bisa bening juga ya. Itu yang foto pernikahan adiknya di dekat daun hijau. Hasilnya bening banget dan bagus..kayak pakai kamera bukan ponsel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makin kemari kamera ponsel memang bisa diandalkan :)

      Hapus
  12. eh kameranya oke lho bang bener...
    memang sih sekarang budayanya ngapain dikit cekrek kamera hengpon :P

    BalasHapus
  13. Kamera ponsel tapi bening ya
    Pas foto nikah sang adik juga kliatan cerahhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, iya dan tentu pencahayaan pun mempengaruhi sih :)

      Hapus
  14. Kamera ponsel tapi bening ya
    Pas foto nikah sang adik juga kliatan cerahhh

    BalasHapus
  15. Hasil fotonya bagus-bagus, Mas.. Yang penting pinter ngambil sudutnya aja ya, foto biasa bisa jadi bagus :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mbak Yuniari :)
      Sudut yang tepat bikin foto apapun jadi mantap kelihatannya :)
      Dan kadang itu faktor keberuntungan juga sih :)

      Hapus
  16. aku dulu waktu kamera hape masih VGA, bela-belain nabung buat beli kamera karena memang suka jeprat-jepret. sekarang malah lebih senang pakai kamera hape. lebih praktis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jadi nggak rempong banyak bawa alat ya hehehe
      Aku juga waktu itu pernah pakai VGA, tapi aku memang belum pernah beli kamera digital. Paling pinjam ke saudara ehhee

      Hapus
  17. Wah, sama2 pengguna ASUS kita. Memang dimana2 produk smartphone ASUS itu keren2 lho. Buat selfie oke, apalagi welfie. Semoga menang ya Mas Bro. Salam dari Pontianak... :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, terima kasih banyak ya! Amin-amin. Salam kenal juga ya...

      Hapus
  18. Hihihi bener banget cuman kamera ponsel yang bisa buat spontan foto iseng2 :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget Mbak Vety. Di mana pun dan kapanpun, cekrak cekrek ya hehehe iseng" yg kadang beruntung dapet momen yg pas jadi bagus juga lho...

      Hapus
  19. setiap hasil jepretan kamera ponsel memiliki makna tersendiri.
    Asik banget tuh, bisa poto aktifitas macetnya di jalanan... huehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya :)
      Dan kebetulan lagi di posisi yang pas, ditangkaplah momennya itu :)

      Hapus
  20. Krupuk jadi keren ya dg latar hitam dan kecap yang meleleh...

    BalasHapus
  21. Sebuah foto mengandung banyak makna --> yes setuju banget ;)

    Thks ya sudah ikutan GA #KameraPonsel, good luck.

    BalasHapus

suatu kata merindukan kata lainnya

L'homme est libre au moment qu'il veut l'être ― Voltaire