Jumat, 06 Mei 2016

Kala Terbangun Sebelum Waktunya, Sebaiknya Ngapain?


Yang paling ideal adalah terbangun secara alami tanpa jam weker dengan lama tidur 7 hingga 8 jam tidur,” kata Masashi Saito (2009). Eh tapi… tahu sendiri, kadang kita suka terbangun sebelum waktunya. Dan kerapkali saya mengalami hal seperti itu. Anehnya, saya merasa sudah tidur cukup lama, kemudian terbangun dengan sendiri. Lalu bingung mau ngapain? 


Kalau mengacu kepada saran dari banyak ahli kesehatan dari Jepang sih, sebaiknya kita tidak tidur lagi kalau sudah terbangun dari tidur secara alami, sebab katanya, “tidur untuk kedua kalinya tidak baik bagi tubuh.” 

Lah… terus ngapain dong…? Beberapa hal berikut ini akhirnya saya lakukan untuk mengisi waktu setelah terbangun sebelum waktunya. 

Pertama, saya bersyukur karena terbangun dan merasa seperti dihidupkan setelah tidur yang dirasanya panjang sekali walaupun ternyata baru sekian jam saja. 

Kedua, biasanya saya langsung minum air mineral segelas. 

Ketiga, saya biasanya langsung memilih-milih buku yang menarik ataupun belum dibaca untuk saya baca. Biasanya saya sekalian menyalakan musik tertentu, yang bikin rileks, kalau nggak mood dengerin musik, saya lebih memilih membaca buku di teras rumah sambil ditemani suara malam. 

Keempat, selain membaca saya memilih untuk nge-blog ataupun blog walking! Lumayan bisa lebih gesit kalau di malam hari… kadang, iseng suka sms-an kawan lama dan tidak jarang ada yang terjaga, teleponan deh pada akhirnya (yang ini sih jangan ditiru ya, sebab pada dasarnya itu kan menggangu sudah tahu malam waktunya istirahat!) 

Intinya sih, saya mencoba agar jangan sampai tidur lagi setelah kebangun… Adapun kemudian saya sampai ketiduran kembali itu sih di luar kuasa saya, kan Allah-lah yang membangunkan dan menidurkan pada dasarnya… Saya sih mengisi waktu saja…, bukan begitu simpelnya? 

[]

5 komentar:

  1. Kalo saya sih waktu mas kebangun kira-kira pukul 01:00 dini hari karena pengen buang air dan tenggorokan kering . setelah buang air dan minum kebetulan ada orangtua lagi sholat malam ya daripada langsung tidur lagi mending ikutan aja tahajud. abis sholat ehh malah ketiduran sendiri di sejadah sampai shubuh di bangunin orangtua :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha... kalau itu sih Insya Allah baik ya. Lagi pula kan diberikan penyegaran dengan air wudu, dan sunahnya memang tidak sejenak setelah tahajud menjelang subuh ini kan prinsip nya takut tidur masih kurang dari jam ideal yg seharusnya kalau sdh cukup ya gpp terjaga.

      Kalau itu sebenarnya selain bangun alami karena suka dibiasakan kencing jam segitu ya? Terapi toilet bisa mengubahnya. Tapi tdk apa2 kalau ujung2nya ibadah. :)

      Hapus
  2. semenjak kerja sampe larut malam terus sampe udah lupa rasanyabangun pagi. sepertinya harus mulai hidup sehat lagi

    BalasHapus

suatu kata merindukan kata lainnya

L'homme est libre au moment qu'il veut l'être ― Voltaire