Sabtu, 23 April 2016

Air Mineral di Hari Kerja, Segelas NutriSari W'DANK Bajigur di Akhir Pekan

Aku dan Segelas Bajigur di Akhir Pekan
Benjamin Franklin pernah membuat humor soal minuman, katanya, "In wine there is wisdom, in beer there is Freedom, in water there is bacteria." Namun faktanya, nyaris semua ahli gizi dan kesehatan di seluruh dunia justru menyarankan kita agar cukup mengonsumsi air mineral atau kita sebut juga dengan istilah air putih. Bukan berarti kita tidak boleh sama sekali minum minuman lain selain air mineral untuk bertahan hidup bahkan berumur panjang, bukan? Lalu apa misalnya yang boleh banget itu?

BAJIGUR!  Bukannya repot bikinnya? Sekarang tidak lagi!


Minuman yang satu ini, yang merupakan minuman khas-nya Sundanese people, memang sangat cocok untuk dijadikan alternatif variasi dalam menikmati hidup di akhir pekan ataupun pada kondisi tertentu, karena umumnya minuman tradisional itu bersifat herbal, memiliki penyembuh dan peneguh kesehatan bagi peminumnya.


Seiring dengan perkembangan teknologi pangan, dunia industri pun akhirnya melestarikan minuman khas orang Sunda ini (yang umumnya sekarang hanya ditemui di daerah tertentu saja) dengan meluncurkan produk minuman serbuk instan Bajigur.

NutriSari W'DANK Bajigur. Dok. Pribadi


Seperti yang dilakukan oleh PT Nutrifood Indonesia, yang menciptakan NutriSari W'DANK Bajigur! Dan beberapa waktu yang lalu saya dikirimi sampel gratisnya! (Singkat cerita sih saya iseng ikutan free sample-nya di sini, dan ternyata kepilih untuk dikirimi). Kebetulan memang sebagai keturunan etnis Sunda, rasanya kangen juga saya dengan minuman yang satu ini. Dan memang belum pernah nyoba sebelumnya produk yang tengah diprogramkan free sample-nya tersebut.

Tidak lama dari diterimanya paketan tersebut, saya mencobainya di akhir pekan. Tidak hanya saya sendiri, pun ibu saya. Sayangnya adik perempuan saya yang kebetulan lagi main ke rumah tidak bisa ikut mencoba sebab memang produknya tidak dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil, pun ibu menyusui. (Doakan ya, semoga kehamilan adik saya lancar!)

Saya pun membuat dua gelas, dan sekilas tekstur dan aroma dari serbuk instan Bajigurnya ini mirip sasagon kalau menurut saya, dan wanginya mirip kue satu kalau kata ibu saya. Wajar sih, sebab keduanya sama dengan Bajigur, yakni salah satu bahan utamanya adalah kelapa. Kalau harus menilai dari segi rasa dan kemiripan dengan Bajigur yang biasa saya bikin atau beli dalam bentuk cair bukan serbuk instan, maka saya menilainya 7,5! (skala 1 sampai 10). Mengapa, karena menurut saya produk ini punya rasa khasnya sendiri yang nggak bisa dibanding-bandingin, pun dari segi ketampakan warnanya tidak terlalu gelap seperti yang biasanya saya jumpai.

NutriSari W'DANK Bajigur ini sangat cocok disajikan selagi hangat dan jangan sampai airnya kebanyakan, ya! Dan seperti saya singgung di muka, maka tidak ada salahnya sesekali di akhir pekan menikmati minuman khas nusantara, sebab banyak minuman tradisi Indonesia, yang #CumaKitaYangPunya, dan acapkali karena masalah waktu kita tidak sempat membuat sendiri, untunglah sekarang ada minuman serbuk instan yang membuat proses penyajian menjadi lebih efisien. Dan produk ini bisa menjadi salah satu pilihan dengan energi 80 kkal per kemasannya.

Ada yang pernah nyoba juga?

[] 


9 komentar:

  1. sekarang banyak minuman yang dibuat praktis ay, tinggal seduh. memang jadi enak dan gak ribet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya memang lebih praktis, tetapi alahkah baiknya kalau kita pun jangan lantas kemudian menjadi candu terhadap segala kepraktisan. Ada pepatah mengatakan, rumput yang lebih hijau belum tentu lebih baik.

      Hapus
  2. enak tuh mas tinggal seduh langsung sruput :g eh tapi ga boleh langsung sruput kan di seduh nya pake air panas :D

    BalasHapus
  3. enak tuh mas tinggal seduh langsung sruput :g eh tapi ga boleh langsung sruput kan di seduh nya pake air panas :D

    BalasHapus
  4. Belum pernah coba tuh wedang bajigur, kayak apa ya rasanya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayak apa ya, ya kayak bajigur hehehe aroma khasnya sih kelapa dan gula aren ataupun merah

      Hapus

suatu kata merindukan kata lainnya

L'homme est libre au moment qu'il veut l'être ― Voltaire