Kamis, 21 April 2016

23 Kartini Mesir yang Menciptakan Sejarah

HARI INI kembali kita memperingati milad dari R.A Kartini yang ke-137 tahun. Tentu, momen maulid yang satu ini bukan sekadar mengingat seorang perempuan yang pernah lahir ke dunia yang bernama, KARTINI. Lebih dari itu, R.A. Kartini yang lebih memilih dipanggil Kartini saja, sudah menjadi satu istilah untuk perempuan yang menjadi agen perubahan dan dapat menciptakan suatu sejarah yang berarti bagi bangsanya. Dan tidak hanya di Indonesia, di Mesir pun, salah satu negeri yang paling awal mengakui kemerdekaan republik ini, memiliki para Kartininya sendiri.

Siapa sajakah mereka?

Dilansir dalam situs egyptianstreets.com ada kurang lebih 23 perempuan yang berpengaruh dan menciptakan suatu sejarah tersendiri bagi perjalanan bangsanya. Dan dengan mengetahui hal ini, semoga saja kita, khususnya kaum perempuan di Indonesia semakin bersemangat dan berpikir maju ke depan demi bangsa Indonesia yang lebih baik lagi.

Berikut ini 23 Kartini Mesir yang Menciptakan Sejarah:


  1. CLEOPATRA. Siapa yang tidak kenal perempuan yang satu ini? Dipastikan pasti dipelajari dalam buku-buku sejarah di seluruh dunia. Selain sebagai istri dari Firaun pada masanya, Cleopatra seorang perempuan yang ahli politik, matematika, dan pengusaha. Dengan segenap kemampuannya, dia membela Mesir dari tekanan Kekaisaran Romawi.
  2. LOTFIA EL NADI. Pada usia 26 tahun, ia menjadi perempuan Mesir pertama yang menjadi pilot resmi dan berlisensi internasional. 
  3. JIHAN EL MIDANY. Perempuan berhijab ini yakin bahwa jilbab tidak akan menjadi penghalang perempuan untuk dapat melakukan banyak hal. Dia seorang atlet, yang pernah mengibarkan bendera negaranya di ajang Olimpiade.
  4. MONA ELTAHAWY. Ia merupakan perempuan yang berprofesi sebagai jurnalis, banyak artikelnya sudah dimuat di The Guardian, The New York Times, The Washington Post, The Miami Herald Tribune, US News and World Report. Pada tahun 2012 dinobatkan sebagai perempuan Arab paling berpengaruh peringkat ke-30 yang digagas oleh Arabian Business.
  5. TAHANY EL GEBALI. Ia merupakan hakim perempuan pertama di Mesir. Peringkat ke-23 perempuan Arab paling berpengaruh. Jabatan terakhirnya di Mahkamah Agung Mesir.
  6. NAWAL EL SAADAWI. Ia seorang penulis yang militan, feminis yang radikal, sosiolog, dan dokter. Pernah menjadi pejabat kementerian kesehatan di Mesir namun diberhentikan karena dianggap membahayakan negara sebab kegiatan menulisnya. 
  7. HILANA SEDAROUS. Ia merupakan dokter perempuan pertama bangsa Mesir yang dikuliahkan di London, Inggris, untuk belajar matematika dan obat-obatan. Sekembalinya dari Inggris, ia mendirikan klinik Ginekologi.
  8. YOUSRA. Ia perempuan Mesir yang pernah menjadi Ambasador UNDP. Termasuk perempuan Arab yang berpengaruh. Termasuk perempuan yang terkenal dipanggung hiburan Mesir.
  9. UMMU KULTSUM. Penyanyi fenomenal Mesir dan dunia!
  10. DALIA MOGAHED. Dia menjadi perempuan Mesir pertama yang menjadi bagian dari G.edung Putih. Dia menjadi penasehat Presiden Barack Obama di kantor Office of Faith-Based and Neighbourhood Partnerships.
  11. ANISSA HASSOUNA. Dia seorang diplomat kementerian luar negeri Mesir.
  12. MERVAT TALLAWY. Ia pernah menjadi duta besar maupun menteri. Sempat pula menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal PBB. Sekarang menjadi kepala Dewan Nasional Perempuan Mesir,
  13. NADIA YOUNES. Dia pernah mengabdi selama 33 tahun dengan PBB utamanya di WHO. Beliau meninggal saat tugas di Irak, karena menjadi korban pemboman di salah satu markas PBB di negara tersebut.
  14. SAMEERA MOUSSA. Ia merupakan ahli nuklir yang berusaha mendedikasikan dirinya demi kemajuan nuklir di Mesir agar dunia kesehatan semakin maju dan rakyat banyak terbantu. Namun, ia meninggal sebelum cita-citanya tercapai. Ada isu bahwa kepergiannya karena konspirasi dunia khususnya Isreal, bahwa kematiannya karena ulah Mossad. Dan memang, kalau dipikir-pikir, semua ahli nuklir di Timur Tengah pasti tewas secara misterius. Anehnya, ahli nuklir Isreal nggak ada yang tewas.
  15. KAMILIA ABDELFATTAH. Ia merupakan pelopor perkembangan ilmu dan studi psikologi anak di negeri Mesir.
  16. FARKHONDA HASSAN. Ia merupakan profesor geologi di Universitas Amerika di Kairo. Menjadi bagian Dewan Nasional Perempuan Mesir. Penelitiannya banyak menyoal masalah perempuan di akar rumput.
  17. JEHAN SADAT. Ia merupakan mantan ibu negara Mesir.
  18. HUDA SHA'ARAWI. Ia seorang feminis radikal, dan pendiri Persatuan Feminis Mesir. Pada masanya ia pernah mengajak perempuan Mesir untuk melakukan protes Anti-Inggris secara besar-besaran. Setelah menghadiri kongres hak perempuan di Roma, ia pernah melakukan upaya penghapusan kewajiban memakai cadar di negara Mesir.
  19. GAZBIA SIRRY. Ia merupakan perempuan yang seniman dan profesor seni asal Mesir yang sudah banyak melakukan pameran di penjuru dunia. 
  20. TAHANI RACHED. Ia merupakan perempuan Mesir yang berdedikasi dalam membuat film. Banyak karyanya mendapatkan penghargaan di festival film dokumenter.
  21. AZZA FAHMY. Ia merupakan disainer perhiasan asal Mesir yang mendunia.
  22. TAHANI TOSON. Ia merupakan pelatih voli profesional dan pernah menjadi bagian dalam tim voli nasional Mesir. 
  23. DURRIYA SHAFIQ. Ia merupakan perempuan penterjemah Al-Quran ke dalam bahasa Inggris maupun Prancis di negerinya. Dan selain itu, pada tahun 1940-an, ia merupakan pembela hak-hak perempuan di Mesir. 
Demikian semoga menjadi penyemangat untuk lebih baik lagi. Dan tentunya, selain berkontribusi bagi sejarah bangsa. Seorang perempuan adalah faktor pendorong suksesnya rumah tangga maupun anak-anak. Sekali lagi, Selamat Hari Kartini bagi perempuan di Indonesia.

[]

10 komentar:

  1. Di atas itu adalah para perempuan hebat. Prestasi mereka melewati jamannya. Makanya dikenang sampai sekarang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kehebatan mereka luar biasa. Saya sebagai laki-laki, angkot topi!

      Hapus
  2. Hanya Tau 2. Cleopatra dan ummu kultsum doang. Waduw banyak juga yak yang saya ngga tahu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banyak teh
      Kalau dua itu memang sudah sangat mendunia sekali...

      Hapus
  3. Nawal Elsadawi ... wuuuuhuu. Ngefans! Hehe.
    Bagaimanapun juga, tanpa wanita dunia tak akan ada. Semua Allah ciptakan berpasangan. Dulu wanita terkekang, kini tak ada lagi kekang itu. Jadi sudah saatnya wanita berperan juga untuk mewujudkan impian bangsa dan negara. Bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow samaan dong kita hahaha Nawal El Saadawi memang ganas!
      Amin, semoga begitulah keadaan ke depannya.

      Hapus
  4. Hari kartini , habis gelap terbitlah terang.
    Tonggak sejarah untuk mengingatkan ber-poligami.... Hehehe

    BalasHapus

suatu kata merindukan kata lainnya

L'homme est libre au moment qu'il veut l'être ― Voltaire