Jumat, 04 Maret 2016

Wawancara dan Kehidupan

Dalam kamus bahasa Indonesia, dikatakan bahwa kata wawancara berarti,

"tanya jawab dengan seseorang (pejabat dan sebagainya) yang diperlukan untuk dimintai keterangan atau pendapatnya mengenai suatu hal, untuk dimuat dalam surat kabar, disiarkan melalui radio, atau ditayangkan pada layar televisi."

Sedangkan, kata kehidupan memiliki arti cara (keadaan, hal) hidup. Apa hubungannya wawancara dengan kehidupan? Di beberapa kondisi yang terjadi di kehidupan kita masing-masing, tidak akan lepas dari yang namanya wawancara atau singkat katanya tanya jawab. 

Kepada siapa kita melakukan tanya jawab? Kepada diri sendiri, alam sekitar, orang lain, pacar, suami, istri, atasan, bawahan, bahkan kepada Tuhan, dan tidak jarang adapula yang melakukan tanya jawab dengan mereka yang sudah mati atau ada di alam roh.

Seseorang atau mungkin masing-masing dari kita pernah yang namanya merakan wawancara, di sekolah pernah pula diberikan materi pelajaran dalam mata pelajaran bahasa Indonesia tentang wawancara, Saat memasuki dunia kerja, hendak menikah, mengurus surat-surat, semuanya nyaris tidak lepas dari wawancara. Bahkan untuk sekadar perkenalan dan menanyakan harga pada satu toko, itu pun termasuk ke dalam kegiatan tanya jawab.

Kalau kehidupan itu sendiri penuh dan terisi oleh tanya jawab, berarti senyatanya tidak ada batasan yang jelas siapa yang selalu bertanya dan selalu menjawab. Sebab kadang kita yang ditanyai kadang kita yang menanyai. Kalau sudah begitu apa artinya?

Tidak ada keadaan ataupun sistuasi yang tetap. Semua berubah. Sejauh mana kita terus berupaya bertanya-jawab, sejauh itulah pengalaman akan membawa dampak perubahaan kepada hidup kita.

Sudahkah Anda mewawancarai atau diwawancarai kehidupan  hari ini?

Itu semua proses belajar menuju ke dewasa

[]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

suatu kata merindukan kata lainnya

L'homme est libre au moment qu'il veut l'être ― Voltaire