Minggu, 27 Maret 2016

Sepertiga Hidup Kita Merupakan Mimpi?

Bermimpi. Bermimpilah. Tetapi jangan bermimpi saat tidur!? Itu kurang lebih nasihat di banyak acara ataupun kegiatan tentang motivasi mengembangkan diri. Tapi, mengapa bermimpi saat tidur justru nggak dianjurkan ya? Bukankah mimpi itu dasarnya bunga tidur, dan hanya berlangsung saat tidur? 



TERNYATA tidak selalu bermimpi saat tidur itu kurang baik. Kini banyak yang dinamakan terapi tidur agar mimpi yang teralami saat tidur bisa terwujud saat kita kembali terjaga. Sugesti? Apa yang bukan sugesti dari sebuah anjuran ataupun nasihat?

Pablo Picasso pada suatu ketika bermimpi saat tidurnya, dan setelah terjaga ia melukis, dan lukisannya itu laku dengan harga yang sangat fantastis pada masanya. Atau yang dari Indonesia misalnya, Sosrodjojo, menjual teh dalam botol? Ngimpi banget waktu itu. Sekarang...? Apapun makanannya, minumnya... Tahu sendirilah ya!

Pernah denger lagu Yesterday? Paul McCartney konon katanya terinspirasi setelah ia tidur dan bermimpi. Tidak sedikit penulis pun begitu. Problemnya, apa jadinya kalau saat tidur kita malah jarang atau merasa tidak bermimpi?

Menurut Hae Hanan, salah satu pakar terapi mimpi. Caranya adalah dengan membuat peta mimpi sebelum tidur, kira-kira 10 sampai 20 menit sebelum tidur kita dianjurkan berimajinasi atau merangkaikan impian. Pernah nyoba? Tentu saja, sebagaimana Aristoteles katakan bahwa bermimpi adalah cara lain dari berpikir saat tidur. Memang tidak ada salahnya memulai tidur dengan berpikir positif dalam kondisi terjaga, agar terbawa, tersugesti, dan bangun dengan semangat memperjuangkan peta mimpi tersebut.

Apalagi bagi saya yang terus terang, jarang banget merasakan yang namanya mimpi saat tidur. Bagaimana dengan rekan sekalian?

Tidak ada salahnya kita memanfaatkan sepetiga hidup kita, yakni saat-saat tidur untuk tetap produktif. Mengingat, the greatest hazard in life is to risk nothing...


[]

1 komentar:

  1. Saya juga jarang mimpi, tapi emang sih, kalo lagi pingin mimpiin sesuatu ya bisa dipikirin dulu sebelum tidur.

    Salam,
    Shera.

    BalasHapus

suatu kata merindukan kata lainnya

L'homme est libre au moment qu'il veut l'être ― Voltaire