Kamis, 31 Maret 2016

Orang Tua Tidak Tahu Keburukan Anaknya

MUNGKINKAH orang tua tidak tahu keburukan anaknya? Bukankah ada peribahasa yang mengatakan bahwa buah jatuh tidak jauh dari pohonnya? Begitulah yang namanya petuah, banyak hikmah tersembunyi maka dari itu akan selalu abadi.

Lalu, apa maksud dari orang tua tidak tahu keburukan anaknya?


Pertama-tama, untuk diketahui itu merupakan peribahasa dari Tiongkok. Pada awalnya aku pun bingung, bagaimana orang tua tidak bisa tahu keburukan anaknya? Apa karena orang tua selalu, dan hanya memberikan konsep-konsep kebaikan kepada si anak, sehingga harapannya si anak pasti terpatron menjadi anak yang baik?

Itu hanya salah satu, namun yang utama maksud dari pepatah tersebut ialah tentang anjuran agar orang tua betul-betul membina rumah tangga dengan baik dan siap akan segala risiko yang mungkin terjadi, yang ditimbulkan oleh buah hatinya. 

Tidak jarang dijumpai bahwa anak antara di rumah dengan di luar rumah ternyata sikap maupun perilakunya berbeda, segala kemungkinan tersebut harus siap dihadapi oleh orang tua dengan membina rumah tangga yang terbuka dan adil.

Dari situ pun nampak suatu kenyataan bahwa sedekat apapun kita dengan anak (dalam hal aku sebagai anak pula), selalu ada ruang rahasia bagi mereka, dan bagaimana hal itu bisa tetap dalam koridor yang baik, maka tugas orang tua memang tidak mudah. Apakah kemudian menjadi ketat dan otoriter? Tidak juga, bukankah semua manusia punya aibnya masing-masing. 


Jadi? Lebih kepada kedekatan dalam komunikasi, jangan sampai terjadi suatu jarak. Tentu rasa saling menghargai dan menghormati harus dijunjung, terlebih yang utama adalah, bagaimana orang tua bisa menjadi sahabat bagi anak-anaknya. Seperti apa sahabat? Sudah bukan rahasia umum lagi kan seperti apa sahabat yang baik itu.

Semoga saja kita bisa dijauhkan dari yang namanya keburukan.

[]

5 komentar:

  1. The secret of nature.
    Semoga kebaikan slalu yg terbaik

    BalasHapus
  2. paling sedih kalo ada anak yang bohong sm orangtua, dan orangtuanya pun msh gak tau harus bersikap gimana buat lebih kenal anaknya

    salam
    gabrilla

    BalasHapus
  3. Dengan pola asuh yang tepat dan mengaitkan hati satu sama lain, insya Allah orangtua dan anak akan selalu saling jujur, aamiin

    Salam,
    Puput

    BalasHapus

suatu kata merindukan kata lainnya

L'homme est libre au moment qu'il veut l'être ― Voltaire