Minggu, 21 Februari 2016

Perempuan yang Melamar Laki-laki

DALAM dunia anak muda, dikenal prinsip bahwa yang "nembak" itu harus cowok duluan, sampai kemudian ada semacam reformasi pandangan sampai ada prinsip baru bahwa kini cewek pun boleh "nembak" cowok duluan. Bagaimanakah pandangan Islam yang MELARANG PACARAN tetapi MENGANJURKAN PERNIKAHAN dalam hal lamar-melamar? Apakah prinsipnya harus selalu laki-laki yang melamar perempuan ataukah boleh sebaliknya?

Menurut Drs. Muhammad Thalib (2003) dalam syarahnya atas Kitabun Nikah dan Thalaq karya Ibnu Majah mengatakan  bahwa hak perempuan dan laki-laki dalam memilih calon pasangannya adalah sama. Artinya, seorang laki-laki yang jatuh hati kepada seorang perempuan maka ia boleh datang untuk melamar begitupun sebaliknya, selama yang hendak dilamar itu belum dilamar oleh orang lain. Jadi perempuan boleh mengajukan diri kepada laki-laki yang ia kehendaki untuk menjadi imamnya.

Dikisahkan pada masa Rasulullah masih hidup, tidak sedikit perempuan yang mengajukan diri mereka kepada Sang Rasul. Suatu kali misalnya diceritakan bahwa ada perempuan yang menawarkan dirinya kepada rasul. Pada saat itu ada Anas ibn Malik beserta anak perempuannya. Saat perempuan tersebut "nembak" Rasulullah. Anaknya Anas berkata, "Betapa tidak malunya perempuan itu!" Apakah jawaban dari Anas? Katanya, "Perempuan itu lebih baik daripada kamu. Ia menginginkan Rasulullah, karena itu ia menawarkan dirinya kepada beliau."

Jadi di sini, sebagai hikmah kepada siapa saja yang hendak mencari pasangan hidup, ternyata tidak hanya laki-laki yang harus ditekankan mencari perempuan salehah, tetapi sebaliknya juga. Maka menjadi saleh ataupun salehah sudah menjadi mutlak terlebih dahulu dilakukan oleh keduanya. Dan rasanya memang wajar pula, jika perempuan melamar laki-laki, karena ia pun bisa tahu mana imam yang pas untuknya.

Maka sudah seharusnya masyarakat terbuka dan membiarkan perempuan untuk menyatakan rasa sukanya kepada seorang laki-laki secara langsung dengan saksi atau pendamping, dan bisa pula melalui perantara. Semoga siapa saja yang tengah berusaha mendapatkan jodoh diberikan kemudahn oleh Allah.

Amin.

1 komentar:

  1. Yes, kayak kata endah n rhesa 'when you love someone just be brave to say!' nice post

    Salam,
    Asya

    BalasHapus

suatu kata merindukan kata lainnya

L'homme est libre au moment qu'il veut l'être ― Voltaire