Selasa, 23 Februari 2016

30 Tahun Oriflame Indonesia: Sebuah Pandangan Seorang Konsultan

Katalog Oriflame Indonesia yang saya miliki: Jan - Maret 2016
PERTAMA-TAMA, izinkan saya sebagai salah satu konsultan Oriflame Indonesia mengucapkan selamat kepada Oriflame Indonesia yang sudah berkiprah selama 30 tahun dalam dunia MLM kosmetika wanita maupun pria di Indonesia. Kedua, dalam rangka kebebasan pandangan dan berpendapat, saya sebagai konsultan Oriflame Indonesia tentu saja ingin sedikit mengurai pandangan saya, baik kesan maupun pesan, selaku konsultan yang belum lama bergabung di Oriflame Indonesia ini.

Sebagai informasi, sebalum saya bergabung dengan Oriflame Indonesia, saya pernah keluar masuk pelbagai MLM yang ada di Indonesia, dan mengapa kemudian saya bergabung ke Oriflame Indonesia setelah pengalaman cukup banyak baik duka maupun suka dengan aneka MLM sebelumnya? Alasannya cuma satu: karena produknya. Iya, karena saya ingin mencoba dan menggunakan produk dari Oriflame Indonesia, dan tidak terpikir untuk rekrut (walaupun hal itu selalu ditekankan oleh upline saya baik dari level 6% sampai yang Gold Director-nya). Tetapi saya masih saja menjadi konsultan biasa yang sekadarnya. Sebagai konsumen produknya, beberapa sangat cocok bagi saya, tetapi memang tidak semua. Selebihnya ya, saya coba tawarkan kepada beberapa rekan, dan ternyata responnya positif. Hanya saja...

Beberapa hal ini semoga diperhatikan oleh Oriflame Indonesia selaku perusahaan yang tidak kecil, agar ke depan semakin maksimal dalam pelayanannya. Berikut ini masukan dari saya sebagai konsultan konsumen biasa yang seolah masih nyaman dengan level 3%-nya saja: 


  • Menurut saya CS di Oriflame Cabang Sudirman terlalu siang bukanya, seharusnya, buka order dan bayar, buka pula CS. 
  • Hal ini juga berlaku bagi CS yang melalui online, seharusnya lebih cepat lagi membalas suatu pertanyaan.
  • Dan yang paling bermasalah adalah soal stok barang. Oriflame Indonesia termasuk yang cepat mengeluarkan katalog, misalnya sekarang Februari kita sudah bisa pesan katalog Maret. Sayangnya, barang yang stoknya selalu tidak ada di bulan sebelumnya, tetap ditampilkan di katalog berikutnya. Percuma membagikan katalog tetapi beberapa produk ternyata kosong stoknya. Oriflame Indonesia sudah besar dan banyak konsultannya, bahkan untuk stok satu pekan saja kadang tidak cukup? Bagaimana bisa terus begitu? Saya harap masalah stok ini harus benar-benar diperhatikan, tidak peduli perihal harga, kalau memang dipesan ya harus ada barangnya. Yang mengherankan, stok bonus gratisnya kadang kosong, itu kan aneh, jadi harus backorder
  • Apa lagi? Untuk bagian Immediate Order harusnya diperbanyak pelayannya, karena kadang satu konsultan harus dilayani lebih dari 10 menitan karena pesanannya bermasalah misalnya stok kosong jadi harus mikir dulu pesanan penggantinya. Itu saja sih menurut saya. Soal pelayanan keluhan dan ketersediaan barang, harus benar-benar diperhatikan.
Demikian sedikit pandangan dari seorang "konsultan konsumen" Oriflame Indonesia yang biasa-biasa saja ini. Semoga ke depan Oriflame Indonesia semakin baik lagi dari segi harga maupun kualitas pelayanan dan ketersediaan barangnya. Terima kasih, Oriflame Indonesia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

suatu kata merindukan kata lainnya

L'homme est libre au moment qu'il veut l'être ― Voltaire