Senin, 06 Juli 2015

Mengapa sekolah-sekolah di Indonesia Harus Mengajarkan Bahasa Arab?

Baru saja saya selesai membaca artikel bertajuk, Why Arabic should be taught in UK schools yang ditulis oleh Tony Calderbank. Dari situ ada suatu gambaran bahwa ke depan, bahasa Arab menjadi suatu bahasa yang mau tidak mau harus dikuasai oleh banyak manusia di dunia ini. Dan rencana bahwa bahasa Arab masuk ke kurikulum di sekolah-sekolah di Inggris sungguh sangatlah mengejutkan. Padahal, bahasa Inggris sudah termasuk bahasa internasional, yang mana di Indonesia ini, yang mayoritasnya umat Islam, dijadikan bahan ujian nasional.

Semua memang bisa berubah. Termasuk dalam hal penggunaan bahasa. Selain karena bahasa Arab adalah bahasa resmi di PBB. Ia pun dituturkan oleh banyak bangsa. Dan mau tidak mau, seharusnya semua orang Islam menguasai bahasa Arab, karena Al-Qur'an dalam bahasa Arab.

Ah, mungkin hal ini akan dianggap arabisasi. Terserah. Tetapi terus terang, saya pribadi ingin menguasai bahasa yang satu ini. Walaupun waktu SMA, sempat diajarkan, tetapi karena kurang maksimal, hasilnya memang masih asal-asalan. Betapa, seharusnya guru bahasa Arab adalah yang memang kompeten dalam bahasa Arabnya. Terlebih dalam pesantren-pesantren, tentu bahasa Arab harus menjadi alat yang kuat.

Mudah-mudahan saja, ke depan, bahasa Arab menjadi kurikulum nasional di Indonesia ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

suatu kata merindukan kata lainnya

L'homme est libre au moment qu'il veut l'être ― Voltaire